27/07/09

What's on Idul Fitri Holiday

Seperti kebiasaan umum warga Indonesia, khususnya yang di Pulau Jawa, liburan Lebaran biasanya dipake buat kumpul-kumpulnya keluarga besar. So do my family, Lebaran biasanya dipake buat kumpul-kumpul keluarga satu nenek dari pihak bokap gw. Tapi denger-denger, ada yang spesial dalam liburan lebaran kali ini. Kakak tertua dari bokap gw (so gw manggilnya pakde), berencana untuk mengadakan kumpul keluarga besar sampai pihak adek kakaknya nenek gw. Bisa dipastikan bahwa jumlahnya akan luar biasa banyak, kalau dari pihak bokap gw aje ditotal ada sekitar 40an, klo ditambah dari pihak adek kakaknya nenek gw, gak tahu deh ada berapa, secara kalau udah beranak pinak ampe level cucu, satu keluarga bisa nyampe 10 orang skali brangkat.

Ini bukan yang pertama keluarga gw ada pertemuan besar seperti yang direncanakan ini, gw lupa persisnya, sekitar 5 tahun lalu kalo gak salah, ada pertemuan serupa. Disitu diceritain silsilah keluarga gw sampai ke tingkat buyut gw (3 tingkat diatas gw). Gw jadi tahu siapa-siapa aja keluarga gw, dan bagaimana gw seharusnya manggil mereka. Cukup menarik sih, tapi karena disampaikan dengan bahasa campuran dimana bahasa Jawa yang dominan, gw jadi bosen sendiri selama acara itu. Belum lagi penyampainnya yang cukup lambat, khas jawa, makin membuat gw ngantuk aje, groookkk.

Gw sih punya feeling, bahwa pertemuan pas libur Lebaran nanti bakal tidak jauh dari yang dulu, paling jumlah orangnya aja yang bertambah, secara ya itu tadi yang udah gw sebutin, banyak yang dah beranak pinak. Tapi ada satu yang cukup mengganjal di acara ini buat gw, karena akan disebutkan secara cukup detail orang-orang yang ada dalam silsilah tersebut, dimana salah satunya, dan kemungkinan besar, riwayat pendidikan dan status yang diemban pada saat itu (kerja, nganggur ato apa) pun akan disebutkan dalam pertemuan itu.

Wooowww, dengan status gw yang sekarang, gw berani jamin, gw bakal memalukan keluarga inti gw, dan terlebih gw sendiri pun akan begitu. Ketika nama disebutkan, akan ada omongan sana sini, baik nggaknya tergantung gimana performancenya. Nah, demi menyelamatkan nama keluarga dan harga diri pribadi, gw musti menyelesaikan skripsi ini, harus udah sidang sebelum lebaran. Kalo gak bakal ngerusakin pertemuan aje. Lagian gw musti ngurusin gathering angkatan yang bakal diadakan 2 minggu habis libur lebaran itu. Belum lagi mo ke Bandung, tempat Tian, mo main dan ngacak2 Bandung, hehe...

Need willingness, big effort, persistency, and praying hard.

0 komentar: