17/07/09

Ikutan Retreat Pemuda

Wih wih wih...akhirnya Sabtu - Minggu lalu gw ngikut acara kepemudaan gereja. Malahan skupnya gak cuma tingkat gereja Joglo aje, tapi seklasis Jakarta Bagian Barat. Totally ada 9 gereja yang ikut dalam retreat ini. Pesertanya sekitar 120an klo gw gak salah ingat dan denger.

Pertama kali diajakin sama salah satu pemuda (pemudi sih tepatnya) gereja gw sekitar 2 minggu lalu. Kaget n excited pas pertama kali denger ajakan ini, kaget karena sifatnya yang ujug-ujug (a.k.a tau tau aja) dan juga, kalau kata pepatah, gayung bersambut lah. Dah lama pengen ikut acara2 di gereja, tapi belum tahu mulai dari mana. Kebetulan eh kebetulan diajakin retreat ini, ya sud,sikat laee.

Persiapan standar lah, baju secukupnya, alat tulis, alkitab, dan beberapa makanan untuk bertahan hidup dan bertahan dalam perjalanan (misalnya kacang, sereal, dan susu). Bangun agak telat, karena aturannya jam 7.30 harus sudah sampai sana, tapi jam 7 baru saja tersadar. Kalo mo maksain sih bisa aja, tapi bisa pergi dengan umpatan di belakang karena gak ngerjain beberapa pekerjaan domestik rumah tangga. Akhirnya kasih tahu penanggung jawab gereja gw klo gw bakalan telat dan menawarkan solusi kalau gw nyusul aje. Tapi akhirnya dia memutuskan untuk menunggu gw di Joglo. Ya sudahlah kalau gitu, kerja, mandi, trus brangcut deh. Eh sampai Joglo, waktu menunjukkan pukul 8.20, wahaha, telat bet. Keliatan banget Indonesianya.

Sampai Joglo, kenalan dulu dengan beberapa pemuda dari gereja lain, trus nongkrong deh ngobrol2 buat membangun chemistry (alahh), yah wajarlah, gw cukup ilang2an dari pergaulan gereja gw. Nunggu satu orang yang gak bisa dihubungi, tapi karena gak bisa dihubungi akhirnya diputuskan ditinggal aje, ntar klo akhirnya bisa, nyusul aje, dianterin ama orang gereja gw.

Sampai di sana, kekhawatiran gw akhirnya menunjukkan kenyataan, keknya gw bakalan mati gaya selama retreat ini. Gw gak kenal orang lain selain orang gereja gw sendiri, even yang satu gereja pun cuma kenal 1 orang, soalnya sama2 veteran. 2 lagi masih remaja, jadi gak tau. Tapi ya udahlah, pelan-pelan pasti dapet kenalan juga lah.

Perjalanan cukup lancar, begitu juga mati gayanya, lancar banget. Hampir diem total selama perjalanan, ngomong juga cuma buat basa-basi en minjem2 hnpon buat dengerin lagi. Kira2 2 jam lebih akhirnya sampai juga ke tempat tujuan. Penilaian buat tempat, okelah, gw kasih 8 buat tempatnya. Comfy, hijau, bangunannya gak terlalu megah, dan luaaassss banget tempatnya. Kalau ada tempat segede gitu di Jakarta berani taruhan pasti dah disabet ama developer buat bangun pertokoan ato apartemen. Makanan enak, kasur nyaman, dan yang penting, udaranya sejuk. Meskipun siang agak terik, tapi terasa pas hirup napas, terasa agak dingin di hidung, mirip banget di Bandung. Ketahuan deh ntar malam bakalan dingin. Bner aje, dingin, dingin banget malah, tapi entah juga sih, apa karena gw juga yang sedang demam, makanya terasa dingin banget kakinya.

Acaranya, yah lumayan lah, bagus sih scara konsep, tapi mungkin dalam beberapa hal harus lebih diperhatiin detailnya. Udah ada diskusi, outbound tapi games, dan beberapa event yang mengajak buat peserta untuk nyatu. Yang paling gokil adalah ternyata gereja gw disuruh mimpin satu sesi pada Sabtu malam. Jadi harus ada pemusik dan MCnya. Gilanya, pertama kali gw disuruh jadi MC dalam sesi ini, yang dengan pertimbangan tapi cenderung menolak untuk bagian ini. Untungnya si pemuda satu ini menyetujui untuk tidak menjadikan gw MC, dan dia sendiri yang akhirnya menjadi MC. Pastiin lagi bahwa gw tidak jadi MC, trus ngelenggang deh ke kamar buat lanjutin tidur, secara gw mulai terasa demam saat itu.

Bangun setelah tidur2an sekitar stgh jam, balik ke aula, nanya perkembangan dan ngambil snack, diputuskan bahwa gw akan bermain drum buat sesi kedua nanti. Tegang, kaget dan excited. Gile, akhirnya gw main drum juga setelah dua tahun absen. Wuihh, tegang sih, mana persiapannya hanya sekitar 1 jam, dimana efektif latian cuma 20 menit ditambah gw gak tahu lagu2nya. Sambil nunggu ke sesi bagian kami, dengan tegang, ngantuk, demam, akhirnya selesai juga sesi pendahuluannya. Ngobrol bentar, dengar lagu bareng2, akhirnya kami latihan, dan gak makan malam dulu karena emang waktunya ngepet, eh mepet. Ambil ancang2 dengan gak ribet, intro dari reff dan fill in yang gak terlalu ribet biar gak salah masuk, akhirnya selesai deh latihannya dengan masih tegang dan bertanya sana sini dalam hati karena emang lagu2nya masih belum mantap.

And the show time, gw tidak terlalu tegang, paling ngerasa permainan gw sering ilang tempo, gak match ama MC dan jemaatnya, apalagi yang lagu pertama. Sama banget dengan judulnya, ritmenya gw rasakan terbang kemana-mana, hehe. Akhirnya selesai, dan buru2 minta obat dan ngendon di kamar untuk mencegah si demam ini bertambah parah. Pengen nnton sesi Klasis XXI, tapi diperingatkan oleh panitia untuk istirahat, ditambah gw dah nonton filmnya, ditambah akhirnya gak jadi juga karena kemalaman, yo wis, gw tidur.

Bangun tidur, ngulet dulu di ranjang karena malas, dan ntah kenapa kaki rasanya menggigil. Gw juga nanya sih ama beberapa orang, apakah dinginnya karena gw sakit ato emang tempatnya dingin. Makan, ngeteh, sambil ngobrol2 gw lakukan pagi itu. Udah tahu jadwal, kemudian mandi dan siap-siap.

Wow, kami kedatangan tamu dari Korea. Ntah ini accidental atau emang direncanain dari awal, soalnya gak ada kabar apapun pada malam sebelumnya ttg kedatangan Park Ji Sung-ers ini. Kami ibadah minggu bareng, yang rasanya mixed antara tradisional dan karismatik, megah banget musiknya. Mana lagunya begitu semua, kontemporer, makin mati gaya lah gw ibadah itu. Kemudian setelah ibadah selesai, kami "beramah-tamah" dengan orang Korea tadi. Mereka (induk semangnya sih) ngasih kesaksian tntang perkembangan ke-Kristenan di Korea. Kemudian ada sedikit performance dari mereka, lagu dan tarian-tarian gitu deh. Selesai ibadah pagi++ ini, kami siap2 buat outbound.

Ganti baju, pake kaos kemarin, bercelanakan celana sarung yang dilipat, gw pergi ke aula nunggu mobilisasi, sekalian kumpul ama tim. Ternyata beberapa orang Korea juga ikut dalam tim ini. Lucunya, mereka tidak terlalu ngerti bahasa Inggris, kami jadi kesulitan buat komunikasi. Gestures dan kata2 yang sederhana jadi andalan kami buat berkomunikasi sama mereka. Kemudian kami berjalan ke bawah, yang jauhh banget sampai buat beberapa dari peserta mengeluh capek.

Di potong aja deh ceritanya, intinya kami juara 4, cihh, gw ngerasa bersalah karena ilang poin di game ketiga. Komunikasi dengan Koreanese itu cukup baik lah, meskipun sedikit miss untuk beberapa hal. Badan cukup letih karena permainan ini memaksa kami utk berlari-lari. Game selesai, denger pengumuman juara, terus kami kembali ke ruangan atas, packing sekalian ganti baju n mandi kalau ada yang mau. Ibadah penutup, closing, foto-foto, pulang deh.

Sampe di rumah sekitar jam stgh 8. Acaranya cukup menyenangkan, apalagi mata ini terbuka bahwa banyak cewe2 jawa lucu di lingkungan gereja gw, hahaha. Ya udah deh, nasib baik gak bisa ditolak.

A stepping stone to another environment!! Welcoming church to mine.

1 komentar:

riulicious mengatakan...

1.Sebenernya gw nyari tgl 22, tp gada.huh sayang sekali kumara.

2.Saya malas membacanya,krn byk skali,lgpl niatan cm utk mencari tgl22, however,Saya suka paragraf 3,haha

3.Waah??kamu demam?? Haduuh, c penjahat bisa cemas niih.. 'Kamu tdk apa2 kumara??' Panggil 118!!