18/12/08

thrown by shoes!!

Muntazer al-Zaidi ..tau nama ini??
Dialah pria "gagah berani" yang berniat "mempersembahkan" sepasang sepatunya untuk muka George Bush Jr. beberapa hari yang lalu. Gak tau tuh apa yang ada di pikirannya ampe dia melakukan hal itu. Entah ini ekspresi dari pengalaman pribadinya dia yang menerima perlakuan tidak baik dari pemerintah AS jaman George Bush Jr sebagai warga negara Irak, ataupun buah sebagai jurnalis yang banyak menyoroti tentang kebijakan AS di Irak trus dia menyimpulkan bahwa George Bush Jr emang layak atas bertubrukannya sepasang sepatu miliknya dengan wajah George Bush Jr atas segala perbuatannya.
Tapi yang menarik adalah fenomena pasca kejadian ini. Gw liat di Youtube, video ini rata-rata mencapai view ratusan ribu, padahal cukup banyak postingan video yang kurang lebih sama. Hebat yah...Ada juga penghargaan yang diperoleh oleh jurnalis Irak ini. Putri dari pemimpin Libya Muammar Qaddhafi berencana untuk memberikan medali keberanian atas tindakan jurnalis ini, Presiden Venezuela pun secara implisit (menurut gw sih) pun cukup merespek perbuatannya dia. Hugo Chavez, secara singkat, berkata bahwa dia tidak setuju atas pelemparan sepatu terhadap seseorang, tetapi dia memuji perbuatan Muntazer ini sebagai sebuah tindakan yang berani. Ini mungkin juga karena Hugo Chavez mang terkenal sebagai oposisinya Amerika Serikat especially jaman George Bush Jr ini. Dari tokoh Indonesia sendiri pun, Amien Rais, cukup memuji perbuatan ini.
Blum lagi penghargaan atas sepasang sepatu itu sendiri. 10 juta US Dollar, itu juga satuan, kalo dua berarti 20 juta, maaannnn..kacau deh. Gw sih tidak menemukan di internet siapa yang sekarang memegang ten-million-dollar-shoes itu. Beruntunglah bagi orang yang sekarang memegang sepatu itu, selain nilainya yang jutaan dollar, kata Muntazer sebelum nimpukin George Bush Jr., sepatu itu mewakili janda-janda dan anak-anak di Irak, see. Selain dollarnya gede, otoritasnya juga gede tuh, hehe...
Trus ada juga seorang bapak di Mesir yang menawarkan anaknya untuk dinikahi si Muntazer ini. Si anak sendiri pun menyetujui ide bapaknya, bagi si anak, sebuah kehormatan besar bisa disandingkan dengan pahlawan ini. Hihi..ada-ada aja. Jangan lupa bergumul dulu ya Pak Muntazer..(itssss, kaya siapa ya :p)
Di Indonesia pun tidak kalah heboh dengan fenomena ini. Bapak Wakil Presiden kita yang terhormat Jusuf Kalla pun sudah wanti-wanti untuk para jurnalis mengikat sepatunya ketika menghadiri konfrensi pers kepresidenan. Gw sih tidak menggali dalam akan pernyatan beliau ini. Mungkin ajah bercanda, soalnya dia gw akui cukup humoris sebagai seorang pejabat yang megang posisi tinggi di Indonesia.
Nah terus apa yang terjadi sama pria gagah berani itu sendiri..yang pasti sekarang dia sedang berada di Rumah Sakit. Paling gak itu kata saudaranya lah. Luka di bagian kepala karena kena hantam gagang senapan dari pihak tentara Irak dan juga tangan yang patah. Mungkin ini karena perbuatannya yang nanggung kali ya, kenapa gak kena sekalian gitu, makanya dihajar ama tentara Irak sendiri, hihihi...

Ya sud itu aja postingan gw hari ini, gw sediain juga link buat video ini di Youtube, silakan..
http://www.youtube.com/watch?v=9uIj0YvDBKE

0 komentar: