22/05/09

Habis Ngurus SIM

yuhuu, ketemu lagi!!!

Langsung aja deh, seminggu abis selesainya retreat Paskah kan gw ngalamin kehilangan dompet, walhasil duit yang tak seberapa beserta surat-surat yang seberapa itu hilang. Bete banget rasanya, apalagi ngurus2 surat, dah kebayang yang namanya ribet, lama, abis duit banyak dan hal-hal negatif lain yang identik dengan birokrasi Indonesia, bahkan swasta juga sama aje.

Yang pertama gw urusin tuh KTP, soalnya buat urus2 surat yang lain, gw amini akan butuh KTP, makanya gw urusin duluan nih kartu kependudukan gw. Ternyata syaratnya gak terlalu ribet, gw cuma bawa surat kehilangan (buat di UI gampang euy, thx Gedung Biru!!!) ama fotokopi lama beserta dua pas foto 2x3 yang berwarna dah cukup untuk melengkapi syarat pengurusan kehilangan KTP. Emang gak ribet sih, tapi keki aje masih kena "uang administrasi" sebesar 10rb. Bodohnya lagi, gw tidak berupaya melawan ketidakbenaran ini dengan mudahnya memberikan 10rb kepada mbak2 yang ngurusin. Kebodohan gw gak sampai situ aja, gw juga gak nanya lagi abis ngasih duit, kira2 KTP gw bisa dipercepat gak supaya gak perlu nunggu seminggu biar jadi. Jadi ini namanya kebodohan mutlak, dihadapan TUhan bodoh, di hadapan dunia juga bodoh, daaammmnnnn.... Emang nih, gw semakin merasa gw adalah orang yang gak ngotot dan gak tekun atau bahasa inggrisnya persistent. Padahal gw cowo lho!! Ini bukannya gender yah, bahwa cowo harus ngotot terus kalau cewe gak perlu, tapi gw rasa sikap seperti ini wajib cowo miliki, maklumlah sebagai pemimpin dalam keluarga, dia musti berani dan gigih. Ayolah Prima berubah.....

Okeh yang kedua adalah ngurus KTM, jaraknya cukup lama dari gw ngurus KTP, karena terbatasnya kesempatan gw ke Depok. Ya ud hari rabu sekitar 2 minggu lalu, gw kesana dengan membawa dokumen2 yang gw prediksikan akan dibutuhkan. Cakep, ternyata persiapan gw lengkap, yaitu foto 3x4 berwarna, KTP, surat kehilangan dan buku tabungan. Nah, yang rese dari ngurusin KTM ini adalah biaya dan juga lamanya proses, untuk biaya Rp 50rb, naik 100% dari terakhir gw kehilangan sekitar 1 tahun lalu. Nah yang paling rese tuh waktu pembuatannya yang sampe 14 hari kerja. Catat yah, hari kerja, jadi minggu, Sabtu, hari libur gak masuk hitungan tuh. Nah gw itung2, kalau nurut kata mereka, baru senin depan tuh jadinya. Tapi gw coba aja Rabu depan gw kesana, kali aja bisa.

Nah yang paling menakutkan adalah ngurus SIM. Berputar-putar tuh di kepala dengan yang namanya rebek, pungli, dihambat2 dsb. Mana berangkat kesana juga pake acara salah naik bis segala dan salah turun. Jadi gw itung-itung, cost gw sama aja klo gw naik Debora. Tau gitu nunggu aja dulu. Okeh, sampai sekitar jam 10 akhir, otak buruk gw dah men-judge bahwa gw akan kena ama jam istirahat jadi akan sangat lama gw menghabiskan waktu disana, dan mungkin gak akan sempat ke Depok seperti yang gw rencanakan. Ternyata lumayan juga perbaikan birokrasinya, prosesnya cuma makan waktu 1 jam lebih dikit lah. Pertama mau masuk ke dalam untuk nanya2, tapi dianjurkan oleh si pak polisi untuk tes kesehatan dulu di deket kanting. Nah sekarang kita juga mulai itung2an cost ya!! Tes Kesehatan 15rb, agak meaningless juga, gw cuma disuruh menyebutkan angka-angka dengan berbagai ukuran untuk menguji seberapa baik penglihatan gw. Abis itu ngurus biaya administrasi resmi sebesar 60rb, dan asuransi 15rb. Nah sehabis ini mulai lah banyak biaya-biaya hantu, pertama ditembak 30rb di ruang arsip, terus 15rb di ruang verifikasi data. Sadis juga, 30% biaya pengurusan abis di uang-uang tembakan. Sekali lagi, gw hanya ikut arus ajah dengan duit-duit tadi, fiuhh....Terus gak lama foto, yang untungnya hasilnya cukup baik, karena bapak2nya mengingatkan dulu kalo mau diambil gambarnya. Terus nunggu hasil jadi kalau dah dipanggil namanya. Nah, jadi deh dengan total biaya: 15rb+60rb+15rb+30rb+15rb = Rp 135.000. Cepat juga, tapi rese juga yah duit2nya, dan bodohnya juga gw gak berdaya dengan itu semua. Punya daya sih, tapi entah knapa gak berani, sialll.

Jadi bisa sedikit bersyukur buat bangsa ini, tapi satu sisi masih ada banyak keburukan dengan pungli-punglinya, dan ketidak berdayaan gw menghadapi ketidak benaran tersebut. Jadi perang batin juga nanti kalau mo ngurus SIM Mobil, gw rasa biayanya akan naik sekitar 30rb rupiah. Gw takut juga kalau ampe berkas2 gw gak ada disana, dan harus ngulang ujian teori dan praktek lagi. Duh, smoga ada deh!!!

0 komentar: