17/03/10

That Place Lose its Speed!!

Saya sungguh merasa kehilangan suatu hal ketika saya berkunjung ke perpustakaan Diknas (well known as Library@Senayan) belakangan ini. Tidak ada yang berubah dari susunan buku, karyawan-karyawatinya, maupun kelengkapan koleksinya. Saya sungguh kehilangan kecepatan download yang dulu.

Sedikit flashback mengenai perpustakaan ini, saya pertama kali datang kesini sekitar 3/4 tahun yang lalu buat hadir di event-nya komunitas The Beatles Indonesia. I had no special impression that time, tentu aja, karena tujuan utamanya emang mau liat nge-jam nya band2 tribute The Beatles. Saat itu perpustakaan ini gak lebih dari sekedar perpustakaan, selain karena tempatnya yang lumayan strategis dan juga karena kerjasama dengan British Council yang membuat perpustakaan ini sangat British sekali, halahhh.

Terus, dalam hitungan tahun saya gak pernah datang kesini, sampai sekitar tahun lalu saya begitu saja terpikir untuk coba datang kesini buat nyari suasana baru untuk ngerjain skripsi. Tidak ada perubahan berarti, selain daripada adanya koneksi wireless internet. Waktu itu juga jam bukanya cuma sampai sekitar jam 4/5 sore lah.

Nah, belakangan ini saya semakin sering aja kesini, dan sekitar akhir tahun lalu, perpustakaan ini direnovasi, dan jadi lebih besar dan terasa lebih modern. dulu cuma satu lantai, tapi sekarang ada dua lantai dengan adanya semacam lounge umum dan lounge untuk didalam perpustakaannya sendiri. Tapi yang sangat mengejutkan adalah adanya koneksi internet layaknya tol dimalam hari di tengah minggu, atau bahasa mudahnya adalah sangat cepat sekali. Bayangkan aja, untuk kecepatan download ke salah satu website sharing files lokal bisa mencapai 2 Mb per detik. Gila, ini beneran gila. Akhirnya gw eksploitasi aja untuk keuntungan gw sendiri dengan mendownload begitu banyak film, karena untuk satu film yang umumnya besaran file-nya adalah 700Mb, maka 1 film dapat didownload hanya dengan waktu sekitar 7-8 menit. Wowww!!! bahkan ketika gw sambi dengan mendonlod yang lain, kecepatan tidak turun secara drastis. Luar biasa.

Tapi kenapa ya belakangan ini kecepatannya melambat, hanya ratusan kbps. Yah meskipun untuk ukuran Indonesia ini sudah sangat cepat, tetap aja rasanya kehilangan. Saya juga tidak tahu, apakah ini hanya bersifat sementara atau memang mereka sudah menyadari adanya makhluk seperti gw yang memanfaatkan kecepatan tersebut untuk kepentingan sendiri, hehe.

We'll see today :D

2 komentar:

Septa Mellina mengatakan...

hahaha..slamat yaa yang akses internetnya udah di-banned :P
Lo kmn aja prim?? pakabarnya?? kita cm ketemu di dunia maya, paling di blog sm twitter

kumara prima goes blogging... mengatakan...

saya masih hidup dan sedang menunggu kerjaan dan cewek, halah