21/01/10

Start Using Linux

Berawal dari keprihatinan gw dengan performance suatu sistem operasi yang sudah sangat mendarah daging di diri orang Indonesia, akhirnya gw memberanikan diri untuk menggunakan Linux OS distro Ubuntu.

Perjuangannya lumayan ya, meskipun secara teoritis, Linux menghabiskan dana 0 rupiah, tapi dalam prakteknya gw menghabiskan kira2 Rp 250.000. Tapi tenang aja kok, ini case khusus aja, hehe. Kalau boleh saran ama orang-orang yang ingin pake Linux, sebelum instalasi siapin dulu recovery CD dan Backup Data yang penting-penting. Untuk recovery CD, tolong perhatikan ya, nggak tiap vendor computer ngasih recovery dalam bentuk CD, ada juga yang naruh di hidden partition. Kalau gw sendiri pun seperti itu, Lenovo taruh recovery CD-nya di satu partisi tersembunyi, jadi kalau ada masalah dengan booting-nya, tinggal teken F12. Nah, kasus khusus yang tadi gw sebutkan itu karena dalam proses partisi, gw men-delete recovery nya. Walhasil, meskipun sukses terinstal Linux, tapi Windows gw ilang. Akhirnya di usaha gw yang kedua untuk install linux, gw burn dulu tuh recovery CD-nya ke 2 keping DVD kosong. Jadi kalau ada apa-apa dengan instalasi Linux-nya, langsung beres, uhuy.

Sejauh ini kesan gw make Ubuntu Karmic....okelah, performance mantap, jarang banget leletnya, malah kalo dibandingkan dengan proses start-up nya si "jendela", mungkin dari segi waktu, si Karmic ini cuma menghabiskan waktu 1/3 nya waktu start-up dan shutdown nya "jendela". Tapi kekurangannya masalah kompatibilitas, karena musti effort lebih besar untuk meningkatkan kinerja. Kalau masalah aplikasi sih no problemo, tapi klo urusan driver/installer, nah, mayan juga nyari-nyari dulu.

Untungnya, seperti yang dulu gw liat di salah satu televisi, Linux itu berbasis community, jadi kalau butuh sesuatu atau ada masalah, tinggal lempar pertanyaan/permintaan ke forum, dengan cukup cepat, jawaban akan diberikan, hohoho....

Semoga aja, perlahan tapi pasti, gw menguasai OS ini, aminnn

0 komentar: