11/02/09

You Know My Name????

Jiahhhh....hampir 1 bulan gak update blog. Gagal deh resolusi buat posting rutin, smoga bulan ini jauh lebih baik dari pada Januari kmarin, aminnnn. Sebenarnya sih banyak hal yang bisa diceritakan selama bulan Januari lalu, percintaan (ahay), perjuangan meraih dosen pembimbing, ditinggal oleh temen2 yang wisuda akhir Januari, survey (atau jalan-jalan???) ke Puncak buat nyari lokasi retret yang bagus, dll. Tapi berhubung momennya dah lewat dan dah gak asik lagi, ya sudahlah, biar gw, TUhan, dan beberapa orang aja yang tahu (asiikkkk dahhh bahasanya).
Sekarang ini akhirnya memilih posting mengenai Kumara Prima Satya (Hmmm, perasaan dari dulu juga ceritanya tentang diri sendiri deh). Hehe, tenang aja, kali ini beda, yang gw maksud adalah apa arti dari nama Kumara Prima Satya. Jadi pengen ngangkat topik ini sejak iseng chat ama temen yang entah bagaimana cerita, tahu-tahu sampai pada topik arti nama masing-masing dari kami. Sebenarnya dari lama juga sudah tahu arti nama dari Kumara Prima Satya, tapi untuk memastikan, gw coba tanya nyokap gw, salah satu oknum yang bertanggung jawab atas hadirnya gw ke dunia yang berat ini, ahay... Beliau memberitahu sedikit arti nama gw, tetapi beliau menyuruh untuk nanya sendiri ke bokap, karena bokap yang punya ide atas nama gw sekarang ini. Memang sih, dari sekilas pendengaran aja, nama Kumara Prima Satya itu jawa banget, tapi gak nyangka aja kalau keputusan seluruhnya ada di tangan bokap yang asli jawa itu. Tetapi beliau sedang pergi ke kantor, tidak bisalah gw nanya beliau apa arti nama gw. Demi membunuh rasa penasaran yang sebenarnya gak penasaran-penasaran banget amat, ya sudah gw mencari kamus Jawa Kuna (bacanya Kuno) yang gw inget ada di lemari atas televisi di rumah tengah gw. Mencari sebentar, dan ketemulah apa arti dari 2 kata di nama gw, yaitu Kumara dan Satya. Kalau Kumara artinya anak; bocah; pemuda; jejaka atau dewa perang, dewa penyakit anak (putera Siwa). Kalau Satya punya dua pengertian, yang pertama yaitu benar; sungguh; setia; terpercaya; jujur (=cinta kebenaran); patuh/taat (dalam tugas); baik. Sedangkan arti kedua yaitu janji; sumpah; prasetia. Nah, kalau prima gw nanya dari bokap, dan beliau bilang bahwa kira-kira gw tahulah dan membenarkan dua kata yang tadi dah gw sebutkan. Prima, dengan melihat kata "prime" dari kamus bahasa Inggris, berarti yang terutama, paling penting, kualitas paling baik.
Jdenggg, berat juga ya nama gw artinya. Kalau diinterpretasikan secara keseluruhan, Kumara Prima Satya berarti seorang anak, pemuda yang memiliki atribut kualitas yang baik serta sifat yang setia. Oh my God, apakah gw sudah memenuhi dua sifat tadi, high quality and loyal?? Gw belum berani menyebutkan kalau gw memiliki kedua hal itu, jauhhhhh bangett malah. High quality???? Lulus aja belum, hikss. Setia??? ngaca aja ke kehidupan spiritualitas gw belakangan ini, kacau bung!!! Masih sangat banyak yang harus diperjuangkan untuk "memenangkan" nama ini.
Tapi bersyukur juga lah ketika dipercayakan nama ini, gw jadi punya goal yang harus dicapai, yaitu kejar karakter sesuai arti dari nama gw tadi. High quality dalam intelektual, karakter, kedewasaan, sebagai seorang pria, dan masih banyak lagi. Setia dalam iman, janji, sebagai seorang pria (lagi) dan masih banyak lagi.

Aminnnnn ya Tuhan, aminnnn....

0 komentar: